Deskripsi

“Lengkung SPEKTRUM FAJAR SENJA aneka warna KASIH SETIA ALLAH yang mengayomi JEJAK LANGKAH KEHIDUPAN bertanda nama 'BELUM'!"

Senin, 13 April 2015

Authors Indonesia Di BookerWorm.Com Dan Virtual International Authority File (Viaf) 1/5


 (Oleh: A.G. Hadzarmawit Netti)
 
Ilustrasi: Bookerworm.com
Catatan  pendahuluan

BookerWorm.com: The Home of Great Writing = Rumah Karya Agung. BookerWorm.com adalah sebuah web di internet yang menyimpan profil pengarang-pengarang (Authors) yang dikategorikan memiliki kekhasan, atau pengarang-pengarang yang berkualifikasi (mempunyai keahlian [kecakapan] khusus, dan kecerdasan), dinilai dari karya tulis yang mereka hasilkan. Karya-karya tulis (buku) yang oleh penelaah (reviewer) BookerWorm.com dinilai “memiliki kualitas yang setanding, seimbang, sepadan” (match) dengan BookerWorm, maka profil pengarangnya akan disimpan dalam BookerWorm.com sebagai Authors. Sedangkan pengarang-pengarang yang karya tulisnya dinilai “tidak memiliki kualitas yang setanding, seimbang, sepadan (did not match) dengan BookerWorm maka dalam BookerWorm.com akan terdapat informasi: “did not match any documents”, sehingga profil pengarangnya tidak akan disimpan dalam BookerWorm.com.


Terkesan dengan buku Mengenal Sastra dan Sastrawan NTT karya Yohanes Sehandi (Penerbit Universitas Sanata Dharma, Yogyakarta 2012), maka saya tertarik untuk melacak: apakah ada sastrawan-sastrawan NTT dan hasil karya tulisnya yang terdapat di perpustakaan-perpustakaan mancanegara. Hasil pelacakan awal yang saya lakukan membuktikan bahwa hasil karya tulis sastrawan-sastrawan NTT terdapat di berbagai perpustakaan di luar negeri. Dan hasil pelacakan itu telah dimuat di Harian Umum FLORES  POS edisi Selasa, 5 Maret 2013 dalam sebuah artikel berjudul “Karya Sastrawan NTT di Perpustakaan Mancanegara”.

Dalam pelacakan selanjutnya, saya temukan lima kenyataan: (1) ada sastrawan atau pengarang yang karya tulisnya terdapat di beberapa perpustakaan tertentu di mancanegara, namun nama sastrawan atau pengarang termasuk karya tulisnya tidak terdaftar di Virtual International Authority File (VIAF). (2) ada sastrawan atau pengarang yang namanya telah terdaftar di VIAF tetapi karya tulisnya tidak terdaftar atau tidak disebutkan dalam VIAF. (3) ada sastrawan atau pengarang yang nama serta hasil karya tulisnya terdaftar di VIAF dan terdapat di beberapa perpustakaan kelompok VIAF (4) ada nama pengarang atau profil pengarang yang secara khusus terdaftar di  BookerWorm.com di samping namanya terdaftar juga di VIAF. (5) ternyata tidak semua nama sastrawan atau pengarang terkemuka yang terdaftar di VIAF akan terdaftar di BookerWorm.com.

Melacak profil pengarang di BookerWorm.com
Untuk melacak profil pengarang di BookerWorm.com guna mengetahui siapakah pengarang (Authors) yang profilnya terdapat dalam BookerWorm.com dapat dilakukan sebagai berikut.

Pertama,  Ketik nama pengarang tanpa gelar dihubungkan dengan BookerWorm.com di Google, begini: Subagio Sastrowardojo BookerWorm.com  setelah itu klik. Di layar komputer atau laptop akan keluar informasi yang menyatakan profil pengarang tersebut tersimpan dalam BookerWorm.com atau tidak. Jikalau profil pengarang tersebut tidak tersimpan, maka  akan terdapat informasi sebagai berikut: Subagio Sastrowardojo - BookerWorm.com did not match any documents. Apabila profil pengarang tersebut tersimpan dalam BookerWorm.com maka akan terdapat  informasi sebagai berikut: A.G. Hadzarmawit Netti – BookerWorm.com Creative writing – Flash Fiction.Short… Authors A. G. Hadzarmawit Netti.

Kedua, Selanjutnya, klik pada A. G. Hadzarmawit Netti - BookerWorm.com maka akan muncul informasi sebagai berikut: BookerWorm.com Authors A. G. Hadzarmawit Netti. Terlihat  foto Author  A.G. Hadzarmawit Netti; Date of birth; Website. dan terlihat pula 15 profil Authors dunia yang dimasukkan juga ke fail A. G. Hadzarmawit Netti.

Ada 212 tokoh pengarang yang saya lacak keberadaannya di BookerWorm.com. Namun berikut ini saya turunkan hasil pelacakan 31  pengarang  baik yang berasal dari NTT maupun yang berasal dari luar NTT untuk mengetahui siapa di antara mereka yang tercatat sebagai Authors  pada BookerWorm.com.

  1. Subagio Sastrowardojo – BookerWorm.com -  did not match any    documents.
  2. Rachmat Djoko Pradopo – BookerWorm.com -  did not match any documents.
  3. Nyoman Kutha Ratna – BookerWorm.com -  did not match any documents.
  4. Arief Budiman – BookerWorm.com -  did not match any documents.
  5. Andre Hardjana – BookerWorm.com -  did not match any documents.
  6. A. Teeuw – BookerWorm.com -  did not match any documents.
  7. H. B. Jassin – BookerWorm.com -  did not match any documents.
  8. Goenawan Mohamad – BookerWorm.com - did not match any documents.
  9. Jacob Sumardjo – BookerWorm.com - did not match any documents.
  10. Korrie Layun Rampan – BookerWorm.com - did not match any documents.
  11. Dami N. Toda – BookerWorm.com -  did not match any documents.
  12. Ignas Kleden – BookerWorm.com -  did not match any documents.
  13. Maria Matildis Banda – BookerWorm.com -  did not match any documents.
  14. A. G. Hadzarmawit Netti – BookerWorm.com.  Setelah klik, muncul:  Author Profile - A.G.Hadzarmawit Netti –  BookerWorm.com . Creative writing – Flash Fiction. Short…. Authors A. G. Hadzarmawit Netti. Setelah diklik lagi pada A. G. Hadzarmawit Netti – BookerWorm.com maka muncul profil sebagai berikut: BookerWorm.com Authors A.G. Hadzarmawit Netti;  Foto pengarang A.G.Hadzarmawit Netti; Date of birth; Website; dan  profil 15 Authors dunia.
  15. Sitor Situmorang – BookerWorm.com - Author Profile - Sitor Situmorang –   BookerWorm.com.  Setelah diklik muncul:  BookerWorm.com  Authors Sitor Situmorang; Date of birth: 1923;  Website: Foto pengarang Sitor Situmorang; Date of birth; Website; dan  profil 15 Authors dunia.
  16. Budiman S. Hartoyo – BookerWorm.com - Setelah diklik, muncul: Author Profile – Budiman  S. Hartoyo. Setelah diklik lagi pada Budiman S. Hartoyo – BookerWorm.com. maka muncul profil sebagai berikut: BookerWorm.com.  Authors Budiman S. Hartoyo. Foto pengarang Budiman S. Hartoyo; Date of birth; Website; dan profil 15 Authors dunia.
  17. Pramoedya Ananta Toer – BookerWorm.com -  Setelah diklik muncul: Author Profil Pramoedya Ananta Toer. Setelah diklik lagi pada Pramoedya Antar Toer – Muncul profil sebagai berikut: BookerWorm.com  Authors Pramoedya Ananta Toer; Date of birth: 6 Februari 1925; Date of death: 30 April 2006; foto pengarang Pramoedya Ananta Toer;  dan profil 15 Authors dunia.
  18. Willy A. Hangguman –  BookerWorm.com. Setelah diklik, muncul: Author Profile - Willy A. Hangguman. Setelah diklik lagi pada Willy Hangguman BookerWorm.com maka muncul profil  sebagai berikut: BookerWorm.com.  Authors Willy A. Hangguman ;Date of birth: 1959;  foto pengarang Willy A. Hangguman; dan profil 15 Authors dunia.
  19. Mudji Sutrisno – BookerWorm.com.  Setelah diklik, muncul: Author Profile - Mudji Sutrisno – BookerWorm.com. Setelah diklik lagi pada Mudji Sutrisno – BookerWorm.com maka muncul profil sebagai berikut: BookerWorm.com Authors Mudji Sutrisno; Date of birth: 1954; foto pengarang Mudji Sutrisno; dan profil 15 Authors dunia. Catatan: Mudji Sutrisno bersama-sama dengan Willy A. Hangguman menerbitkan sebuah buku kumpulan puisi berjudul Ziarah Anggur (Penerbit: Indonesia Tera, 2004). Kumpulan puisi ini dinilai sangat memuaskan.
  20. Paul Budi Kleden – BookerWorm.com -  did not match any documents.
  21. Daniel Dhakidae – BookerWorm.com - did not match any documents.
  22. John Dami Mukese – BookerWorm.com -  did not match any documents.
  23. Stephanus Djawanai – BookerWorm.com.  Setelah diklik, muncul: Author Profile – Stephanus Djawanai – BookerWorm.com Creative Writing . Flash Fiction …Setelah diklik lagi pada Stephanus Djawanai –BookerWorm.com maka muncul profil sebagai berikut: BookerWorm.com Authors Stephanus ;Djawanai; Date of birth; foto pengarang Stephanus Djawanai; dan profil 15 Authors dunia.
  24. Yoseph Yapi Taum – BookerWorm.com.  Setelah diklik, muncul: BookerWorm.com Author Profile – Yoseph Yapi Taum – BookerWorm.com Creative Writing. Flash Fiction, Short…Setelah diklik lagi pada Yoseph Yapi Taum – BookerWorm.com maka muncul profil sebagai berikut: BookerWorm.com Authors Yoseph Yapi Taum; Date of birth: 1964; foto pengarang Yoseph Yapi Taum; dan profil 15 Authors dunia.
  25. Idrus - BookerWorm.com. Setelah diklik, muncul: Author Profile – Yaakub Idrus –    BookerWorm.com . Setelah diklik lagi, muncul: BookerWorm.com Authors Yaakub Idrus; Date of birth: 1933; foto pengarang Yaakub Idrus; dan profil 15 Authors dunia.
  26. Maman S. Mahayana – BookerWorm.com. Setelah diklik muncul: Author Profile: Maman S: Mahayana - BookerWorm.com…. Klik lagi,  maka akan muncul: BookerWorm.com Authors Maman S. Mahayana; Date of birth: 1957; foto pengarang belum ada; dan profil 15 Authors dunia.
  27. Faruk H.T. – BookerWorm.com. Setelah diklik muncul: Author Profile: Faruk H.T. BookerWorm.com….. Klik lagi, maka akan muncul: BookerWorm.com  Authors Faruk H.T. Date of birth: 1957; foto pengarang; dan profil 15 Authors dunia.
  28. Sunardian Wirodono – BookerWorm.com.  Setelah diklik muncul: BookerWorm.com Authors   Sunardian Wirodono; Date of birth: 196;  foto pengarang; dan profile 15 Authors dunia.
  29. Sindhunata – BookerWorm.com. Setelah diklik muncul: BookerWorm.com Authors Sindhunata; Date of birth: 1952; foto pengarang; dan profil 15 Authors dunia.
  30. F. Rahardi – BookerWorm.com. Setelah diklik muncul: BookerWorm.com Author F. Rahardi; Date of birth: 1950; foto pengarang; dan profil 15 Authors dunia.
  31. Heru Kesawa Murti – BookerWorm.com. Setelah diklik muncul: Author Profile – Heru Kesawa Murti - BookerWorm.com. Klik lagi, maka akan muncul: BookerWorm.com. Authors Heru Kesawa Murti; Date of birth: 09 Agustus 1957; foto pengarang; dan profil 15 Authors dunia.


Tiga puluh satu tokoh pengarang yang saya lacak di atas ini termasuk pada 212 tokoh (sejarawan, budayawan, rohaniwan, ilmuwan, sastrawan)  yang saya lacak keberadaan mereka dalam BookerWorm.com untuk mengetahui apakah mereka tercatat atau tidak tercatat sebagai Authors dalam BookerWorm.com. Nama dua ratus dua belas tokoh (termasuk 31 tokoh yang diturunkan hasil pelacakannya di atas) akan saya sebutkan berikut ini: Anhar Gonggong, Taufiq Abdullah, Nugroho Notosusanto, Mawardi Djoened Poesponegoro, Notohamidjojo, Leon Agusta, Rivai Apin, Radar Panca Dahana, Dick Hartoko, Y.B. Mangunwijaya, Mudji Sutrisno, Franz Magnis Suseno, Sindhunata, Din Syamsuddin, Komaruddin Hidayat, Abdurrahman Wahid, Patmono Sk, Sularso Sopater, Th. Sumartana, P.D. Latuihamallo, R. Sudarmo, S.A.E. Nababan, T.B. Simatupang, Fridolin Ukur, Sutarno, T.L.Tobing, E.G.Singgih, Ioanes Rakhmat, Th. Kobong, Liem Kiem Yang, Jan S. Aritonang, Martin L. Sinaga, O.E.Ch. Wuwungan, Eka Darmaputera, V.I. Tanja, J. Garang, Broto Semedi Wiryotenoyo, Willy A. Hangguman, Toto Sudarto Bachtiar, Tuti Heraty, Darmanto Yatman, Kwee Tek Hoay, Sapardi Djoko Damono, Emha Ainun Nadjib, Taufiq Ismail, Arief Budiman, Ayib Rosidi, H.B. Jassin, Chairil Anwar, Idrus, Sutan Takdir Alisjahbana, Achdiat Kartamihardja, Marah Roesli, Pramoedya Ananta Toer, Amir Hamzah, Arifin C. Noor, HAMKA (Abdul Malik Karim Amarullah), Armijn Pane, Muhammad Yamin,  Mochtar Lubis, Trisno Sumardjo, Abdul Hadi WM, WS. Rendra, Sutardji Calzoum Bachri, Remy Sylado, Goenawan Mohammad, Putu Wijaya, Iwan Simatupang, NH Dini, Ayu Utami, Afrizal Malna, Helvi Tiana Rosa, Wowok Hesti Prabowo, Denny Januar Ali (Denny JA), Jakob Sumardjo, Andre Hardjana, Nyoman Kutha Ratna, Umar Junus, Harimurti Kridalaksana, Lexy Y. Moleong,  Sitor Situmorang, Aoh K. Hadimadja, Nasjah Djamin, Raja Ali Haji,  J.E. Tatengkeng, Hartoyo Andangjaya, Budiman S. Hartoyo, Hamzah Fansuri, Hamidah, Rustam Effendi, Sanusi Pane, Abdoel Moeis, Bakri Siregar, Utuy Tatang Sontani, Linus Surjadi, Ahmad Tohari, Gusti Nyoman Pandji Tisna, Merari Siregar, Abdul Wachid BS, Slamet Sukirnanto, Wildan Yatim, Adinegoro, Abdullah Harahap, Ramadhan KH, Hamid Jabbar, Ibrahim Sattah, Slamet Sukirnanto, Bur Rasuanto, Heru Kesawa Murti, Abdul Wahid Situmeang, Mansur Samin, Saribi AFN., Yudistira Ardinugraha, Pipiet Senja, Kurniawan Junaidi, Ahmad Fahrawie, Micy Hidayat, Husni Jamaluddin, Noorca Marendra, Budi Darma, Marianne Katoppo, M. Poppy Hutagalung, Harijadi S. Hartowardojo, Wildan Yatim, M. Misbach Jusa Brian, Sri Adinda Dwifatma, Dedy Arsya, A.S. Laksana, Rahayu Prihatmi, Sariamin, Hamidah, Maria Amin, Nursyamsu, Suminta Sayuh, Ahda Imran, Iyut Fitra, Jamal D. Rahman, F. Rahardi, Wa Ode Wulan Ratna, Waluyati, Ida Nasution, S. Rukiah, Siti Nuraini, Suwarsih Djojopuspito, Isma Sawitri, Oka Rusmini, Yulie Ikayanti, Ike Supomo, Yati Maryati Wiharja, A.D. Donggo, Putu Arya Tirtawirya, Noman Tusthi Eddy,  Saini K.M., Linus Suryadi Ag, Ngurah Parsua, Diah Hadaning, Joko Pinurbo, Seno Gumira Ajidarma, Jamal D. Rahman, Acep Zamzam Noor, Agus R. Sarjono, Ahmad Gus, Berthold Danshawer, Joni Ariadinata, Maman S. Mahayana, Nendes Lilis Aisyah, Faruk H.T., Sunardian Wirodono, Triyanto Triwikromo, Gorys Keraf, Fuad Hassan, Nico Syukur Dister, J.W.M. Bakker, Alo Liliweri, Fredrik Lukas Benu, I Gusti Ngurah Djelantik, Leo Kleden, Alex Lanur,  Yoseph Yapi Taum, Hendrikus Maku, Richardus Muga Buko,  Stephanus Djawanai, Yohanes Sehandi, Marsel Robot, Felysianus Sanga,  Pius Rengka, Isidorus Lilijawa, Mezra E. Pellondou, Yusuf Leonard Henuk, Marthen Luther Mulik, Johanes Tuba Helan, Frans Umbu Datta, Aron Meka Mbete, Philipus Tule, Nobertus Jegalus, Gregor Neonbasu, Bonaventura Ngarawula, Shyrly Wunas, Natsir Kotten, Laurentius Gadi Djou, Pius Pampe, Simon Sira Padji, A.A. Yewangoe, Eben Nuban Timo, Ayub Ranoh, J.A. Telnoni, J.L. Ch. Abineno, Gerzon Tom Therik, J.E.E. Inabuy, Nico J. Woly, Frederiek Djara Wellem, A. G. Hadzarmawit Netti.

1 komentar:

  1. Berikan contoh karyanya. TERIMAKASIH
    Jarang berinsiatif seperti ini. Mungkin perlu informasi yang agak lengkap.Ngurah Parsua

    BalasHapus