Deskripsi

“Lengkung SPEKTRUM FAJAR SENJA aneka warna KASIH SETIA ALLAH yang mengayomi JEJAK LANGKAH KEHIDUPAN bertanda nama 'BELUM'!"

Minggu, 19 April 2015

Authors Indonesia Di BookerWorm.Com Dan Virtual International Authority File (Viaf) 5/5


(Oleh: A.G. Hadzarmawit Netti)
 
Ilustrasi: Bookerworm.com

Dari semua  pengarang yang terdaftar dalam Virtual International Authority File (VIAF), Pramoedya Ananta Toer adalah seorang  pengarang yang luar biasa. Karya tulisnya terdapat di delapan belas perpustakaan kelompok VIAF. Sementara karya tulis Sutan Takdir Alisjahbana terdapat di dua belas perpustakaan kelompok VIAF, kemudian karya tulis Mochtar Lubis dan penyair Chairil Anwar terdapat di sebelas perpustakaan kelompok VIAF.

Yohanes Manhitu juga adalah seorang pengarang yang pandai bahasa. “Working Language Pairs” Yohanes Manhitu yakni: “English-Indonesian, Spanish-Indonesian, Portuguese-Indonesian, and English-Tetum”.

Akan tetapi, dari semua pengarang yang dibicarakan di atas, A. G. Hadzarmawit Netti adalah pengarang yang unik. Karena bukunya yang berjudul Vibrasi Sejarah Pergerakan Kemerdekaan dan Vibrasi Eksistensi Bangsa Indonesia (B You Publishing Surabaya 2010), ia dikomentari dalam bahasa Jerman, begini: “Netti, Almodat Godlief Hadzarmawit Zeigt natürlich die Aufklärung eines einsamen, betrachten Einsiedler und das Flair eines Rockstar in der gleichen Zeit …” Dalam bahasa Italia dikatakan: “Netti, Almodat Godlief Hadzarmawit Monstra naturalmente l’illuminazione di un solitario, contemplado eremita e il fascino di una rockstar allo stesso tempo…” Dalam bahasa Yunani, transkripsinya dapat dibaca: “Netti, Almodat Godlief Hadzarmawit Parousiazei phusika tēn phōpsē tou monachikos, to endechomeno erēmitēs kai ē klisē tēs rockstar tēn idia stigmē…” Parafrasenya dalam bahasa Indonesia, begini: “Netti, Almodat Godlief Hadzarmawit  dengan wajar (secara alamiah) memberikan pencerahan dari kesunyian (keterpencilan), perenungan pertapa, dan bakat (kepandaian) seorang pengarang rockstar pada saat yang sama”. Komentar seperti ini terdapat dalam dua puluh empat bahasa (Jerman, Inggris,  Prancis, Italia, Spanyol, Belanda, Yunani, Finlandia, India, Hongaria, Jepang, Jordania, Latvia, Norwegia, Polandia, Portugal, Rumania, Rusia, ….. dan seterusnya), dapat diperiksa melalui http://literat.org/de/netti-almodat-godlief-hadzarmawit-vibrasi-sejarah...   

A. G. Hadzarmawit Netti disebut sebagai seorang pengarang “rockstar”, artinya “pengarang yang memiliki keunggulan atau kelebihan dalam suatu bidang tertentu; pengarang yang [sangat] cerdas [luar biasa]; pengarang yang memperlihatkan keistimewaan yang diakui dalam bidang [ilmu pengetahuan] tertentu”.

Karena bukunya yang berjudul Sajak-Sajak Chairil Anwar dalam Kontemplasi (B You Publishing Surabaya, 2011), ia dikomentari: “According to Timorese scholar of Indonesian literature A. G. Hadzarmawit Netti…” (Inggris); “Gemäss dem Timorese Gelehrten der indonesischen Literatur betonen A.G.Hadzarmawit Netti…” (Jerman); “Selon le savant Timorese d’A. G. Hadzarmawit Netti de littérature indonésien…” (Prancis); “Secondo studioso Timorese di letteratura indonesiana A. G. Hadzarmawit Netti…” (Italia). Parafrasenya dalam bahasa Indonesia, begini: “Menurut orang Timor ahli sastra Indonesia, A. G. Hadzarmawit Netti…”  Komentar-komentar tersebut dapat dibaca melalui: Wikipedia, the free encyclopedia; ZOMBO – Comment on Aku (poem); Aku (poem) free encyclopedia; Aku (poem) Ask.com. Encyclopedia; hilang Tutor Gig Encyclopedia; perlu Tutor Gig Encyclopedia; Aku (poem) Territorio Scuola English Enhanced Wiki;  Aku (poem) Wokiwiki; Aku (poem) by Srilanka News Web.com;  … , dan masih banyak sumber lainnya yang tak bisa disebutkan semuanya di sini.

Berkenaan dengan lima belas Authors dari berbagai negara yang dimasukkan ke halaman profil Authors A. G. Hadzarmawit Netti, Willy A. Hangguman, Mudji Sutrisno, Stephanus Djawanai, Yoseph Yapi Taum, Sitor Situmorang, Budiman S. Hartoyo, Maman S. Mahayana, Faruk H.T., Sunardian Wirodono, Sindhunata, Pramoedya Ananta Toer, Idrus, Harun Nasution, H. Ahmad Basuni, Ba., F. Rahardi,  Yohanes Manhitu, Iverdixon Tinungki, Zainuddin Fananie, Lukman Ali, Alfian Malik, Heru Kesawa Murti, T. Fatimah Djajasudarma, Rizal Mustansyir, Damardjati Supadjar, Koentjaraningrat, Binhad Nurrohmat, M. Shoim Anwar, dan Mangasa Augustinus Sipahutar, saya temukan lagi puluhan tokoh dari berbagai negara yang profilnya terdapat dalam BookerWorm.com sebagai Authors. Namun di sini saya hanya sebutkan nama dua puluh empat Authors saja yaitu: (1) William Shakespeare. (2) John Milton. (3) Kahlil Gibran. (4) Ernest Hemingway (5) Owain Blackwell. (6) Sherwood Anderson. (7) Martha Gellhorn. (8) Joseph Ivimey. (9) Anna Maria Rose Wright. Nama lengkapnya: Anna Maria Louisa Perrott Rose Wright. (10) Salvo Ilic. (11) Farhad Rakhshani. (12) Peggy Oppong. (13) Talyana Caruso. (14) Lole Fargnoli. (15) Zbigniew Laudonski. (16) Alexandra Heberger. (17) Darcel Turner. (18) Mohammed Ezroura.  (19) Srecko Gombac. (20) Audrey Burggrat. (21) Charles Dickens. (22) Stephen King. (23) Delfin Fresnosa. (24) Harbans Lal Badhan.

Dari tiga puluh dua Authors yang ada di Indonesia (ini merupakan hasil pelacakan pendahuluan dari 1.132 tokoh pengarang Indonesia dari berbagai kota/daerah dan 40 sastrawan NTT yang dilacak, sehingga seluruhnya berjumlah 1070 tokoh), sedikit catatan tentang  latar belakang mereka dapat di jelaskan sebagai berikut:

Mudji Sutrisno bergelar Profesor, Doktor. Ia dosen Sekolah Tinggi Filsafat Driyarkara, dosen Pascasarjana UI, Wakil Pres dan Anggota PEN (Perhimpunan Penulis, Novelis, Esais, Penyair Indonesia).

Stephanus Djawanai adalah Rektor Universitas Flores, bergelar Profesor, Doktor, dan Magister Artium (Master of Arts).

Yoseph Yapi Taum adalah Dosen Universitas Sanata Dharma, bergelar Doktor dan Magister Humaniora (M. Hum).

Maman S. Mahayana, kritikus dan peneliti sastra; dosen Fakultas Ilmu Budaya dan Pascasarjana UI; kini mengajar sebagai Profesor di Universitas Hankuk, Korea Selatan.

 Faruk H.T., bergelar Doktor, dosen Fakultas Ilmu Budaya Universitas Gadjah Mada.

Sunardian Wirodono, pernah bekerja di televisi dan rumah produksi (1994-2008) di Jakarta. Kini tinggal di Yogyakarta dan aktif menulis buku. Beberapa buku telah diterbitkan, di antaranya: Matikan TV-Mu (2002), Syair Panjang Aceh (2009); Meretas Jalan Untuk Berkuasa (2009); dan Centhini  (2009).
Sindhunata  (nama lengkap: Gabriel Possenti Sindhunata), bergelar Doktor. Ia seorang wartawan, sastrawan, penulis, dan rohaniwan Katolik. Lahir di Kota Batu, Jawa Timur pada 12 Mei 1952.

Willy A. Hangguman adalah seorang sarjana sastra dan linguistik yang menamatkan pendidikan pada Fakultas Sastra dan linguistik Universitas Diponegoro, Semarang, pada tahun 1983. Ia kemudian menjadi wartawan, penyair, penulis cerpen, dan penulis buku.

Sitor Situmorang menempuh pendidikan HIS, MULO, AMS, kemudian memperdalam sinematografi di Universitas California pada 1956-1957, dan pada tahun 1982-1990 mengajar bahasa Indonesia di Universitas Leiden, Belanda.

Idrus (Yaakub Idrus) menamatkan pendidikan SMT, kemudian pernah menjadi redaktur Balai Pustaka pada tahun 1943.

 Budiman S. Hartoyo latar belakang pendidikan sejak kecil dididik oleh ayahnya sendiri yang adalah seorang guru pada Madrasah Tinggi Kraton Surakarta. Ia mantan wartawan senior Majalah TEMPO, seorang penyair, dan penulis jurnalisme literair yang langka.  

Pramoedya Ananta Toer menyelesaikan Sekolah Kejuruan Radio di Surabaya. Kemudian bekerja sebagai juruketik (pengetik) untuk surat kabar Jepang di Jakarta selama pendudukan Jepang di Indonesia. Pada tahun 1950-an ia menerima jabatan mengajar sejarah sastra di Universitas Res Publica. Kemudian pada tahun 1999 ia memperoleh gelar kehormatan Doctor of Humane Letters dari Universitas Michigan, Madison, Amerika Serikat, karena pengakuan atas keluarbiasaannya sebagai seorang sastrawan dan hasil-hasil karya sastranya.

Harun Nasution bergelar Profesor, Doktor. Ia adalah sosok ilmuwan Muslim yang amat berwibawa dan disegani oleh kalangan intelektual muslim, baik di dalam negeri (Indonesia) maupun di luar negeri.

H. Ahmad Basuni, Ba., adalah seorang tokoh pers nasional, wartawan senior, sastrawan, pengarang buku, dan pernah menjadi Anggota DPRD Daerah Istimewa Yogyakarta pada tahun 1959 – 1964.

F. Rahardi, atau Floribertus Rahardi dilahirkan pada 10 Juni 1950 di Ambarawa, Jawa Tengah. Antara tahun 1970-1973 menjadi guru SD dan Kepala Sekolah di Kendal, Jawa Tengah. Tahun 1974 ia pindah ke  Jakarta dan berganti profesi menjadi wartawan, editor, dan penulis artikel/ kolumnis di berbagai media cetak.  Ia mulai menulis puisi sejak tahun 1960-an, di samping itu ia juga menulis cerita pendek, novel dan kritik sastra.

Yohanes Manhitu bergelar sarjana (tamatan Universitas Nusa Cendana Kupang, tahun 2000), dan kini tinggal di Yogyakarta. Ia seorang penulis puisi, penulis kamus, penerjemah, pengajar bahasa Spanyol, dan menguasai juga bahasa Portugis, bahasa Inggris, dan bahasa Tetum.

Iverdixon Tinungki, lahir pada tahun 1963. Setelah tamat SMA di Manado tahun 1983, Ia melanjutkan studi di Sekolah Tinggi Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Manado, namun berhenti kuliah menjelang ujian akhir. Ia aktif menulis puisi, novel, dan drama. Ia juga aktif berteater, aktif di dunia Jurnalisme, Ketua Dewan Kesenian Sulawesi Utara dan Pelatih Bengkel Sastra Balai Bahasa Provinsi Sulawesi Utara. Karya tulisnya yang telah diterbitkan: Sakral (1987), Surat-Surat Sunyi (1994), Sasambo (1991), Antologi Dua Penyair Sulut (1989), Antologi Mimbar Penyair Abad 21 (1986), Ditangan Angin (1997).

 Zainudin Fananie, lahir tahun 1905, dan meninggal tahun 1967. Ia adalah seorang Ulama Islam produktif yang melahirkan sejumlah karya , antara lain: Pedoman  Pendidikan Moderen (1943); Pedoman Penangkis Krisis (1935); Senjata Pengandjoer dan Pemimpin Islam (1937); Pengetahuan tentang Karang Mengarang dan Jurnalistik; Ilmu Guru dan Soal Perguruan; Islam Berhadapan dengan Dunia; Permenungan antara Islam dan Kristen.

Lukman Ali, lahir pada 25 Desember 1931, dan meninggal pada 19 Desember 2000. Tamat Fakultas Sastra Universitas Indonesia pada tahun 1963, kemudian melanjutkan studi di Universitas Leiden, Belanda. Ia seorang ahli bahasa, sastrawan, dan diplomat.

Alfian Malik, adalah seorang akademisi (dosen Jurusan Teknik Sipil, Fakultas Teknik, Universitas Riau, Pekanbaru. Buku-bukunya yang sudah terbit dan yang mengorbitkannya menjadi Author sehingga tercatat dalam BookerWorm.com antara lain: Lumpur Similar: Misteri Perangkap Cinta (2007); Menghapus Jejak Kemiskinan, An Unconventional Approach, Kampar Way (2007); Pengantar Bisnis Jasa Pelaksana Konstruksi (2010).

T. Fatimah Djajasudarma bergelar Profesor, Doktor—seorang Guru Besar Linguistik, Semantik dan Dialektologi Fakultas Ilmu Budaya  Universitas Padjadjaran Bandung. Bukunya yang sudah diterbitkan antara lain: Gramatika Sunda (1987), Semantik 1 (1993), Semantik 2 (1993), Metode Penelitian Linguistik (1993), Wacana Pemahaman dan Hubungan Antarunsur (1994), Analisis Bahasa, Sintaksis dan Semantik (1997), dan Penalaran Deduktif-Induktif dalam wacana Bahasa Indonesia (1999).

Rizal Mustansyir menamatkan pendidikan S1 dan S2 Ilmu Filsafat, tinggal di Yogyakarta. Karya tulisnya: Filsafat Analitik (1977), Filsafat Ilmu (2002), Hermeneutika (2009).

Damardjati Supadjar bergelar Profesor, Doktor. Ia seorang ahli falsafah dan budaya  Jawa, mantan Guru Besar di Universitas Gadjah Mada.

Heru  Kesawa Murti menyelesaikan pendidikan Sekolah Tinggi Seni Rupa dan Fakultas Filsafat Universitas Gadjah Mada Yogyakarta. Ia seorang pelukis, penulis puisi, cerpen, naskah lakon (teater), penulis esai budaya, dan penulis novel.

Koentjaraningrat antropolog pertama di Indonesia, mantan Guru Besar di Universitas Indonesia (1962 – 1999), mantan Guru Besar Luar Biasa di Universitas Gadjah Mada (1962 – 1999), aktif menulis hal-hal yang berkaitan dengan kebudayaan dan pembangunan di Indonesia.

Binhad Nurrohmat, mencatat secara singkat latar belakang pendidikannya sebagai berikut: pernah menimba pengetahuan di Madrasah, Pesantren, dan sekolah. Ia seorang sastrawan (penyair, esais).

M. Shoim Anwar, latar belakang pendidikan: setelah tamat SPG, melanjutkan pendidikan ke IKIP Surabaya Jurusan Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, kemudian diteruskan ke Program Pascasarjana Universitas Negeri Surabaya dan lulus dengan predikat cumlaude.  Ia seorang sastrawan bergelar Doktor.
                                                               
Mangasa Augustinus Sipahutar, tercatat sebagai Chairman & CEO di MECODEstudies (Management & Economic Development Studies. Dulu sebagai  Senior Manager di PT. Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk.

Sritomo Wignjosoebroto, tercatat sebagai dosen senior di Institut Teknologi Sepuluh November Surabaya.

Handoko Hadiyanto, tercatat sebagai lulusan Fakultas Pertanian (Jurusan Ekonomi Pertanian) Universitas Gadjah Mada, tahun 1992.

M. Koderi, untuk sementara ini, biodatanya tidak dapat diakses.

A. G. Hadzarmawit Netti, hanya menamatkan pendidikan di SMA Negeri Kupang Bagian A (Jurusan Sastra) pada tahun 1963. Setelah itu bertekad menjadi autodidak, autodidaktik dalam bidang bahasa/sastra, teologi, filsafat, dan  sejarah. Namun ia belum sampai (dan tidak mungkin sampai) pada taraf mengetahui seluas-luasnya, atau setinggi-tingginya dan sedalam-dalamnya, kecuali menghayati sebatas apa yang ia ketahui sambil berkontemplasi untuk mewedarkan apa yang ia ketahui dan hayati, sebagai wujud baktinya kepada sesama manusia dan ibadahnya kepada Tuhan yang diimaninya.

Demikianlah hasil pelacakan saya di BookerWorm.com dan Virtual International Authority File (VIAF) untuk mengetahui (mengenal) profil Authors dan authorisme (authorism = state or quality of being an author) dari tiga puluh dua tokoh Authors Indonesia  yang selama ini terdapat di BookerWorm.com namun tak pernah dibicarakan orang. Khusus mengenai  lima tokoh asal daerah NTT yang tercatat sebagai Authors di BookerWorm.com, dapat dijelaskan sebagai berikut: Stephanus Djawanai adalah putra NTT asal  Ngada (Flores); Yoseph Yapi Taum adalah putra NTT asal Lembata (Flores); Willy A. Hangguman adalah putra NTT asal Manggarai (Flores); Yohanes Manhitu adalah  putra NTT kelahiran Sunu (Noemuti), Timor Barat/Timor Tengah Utara; dan A. G. Hadzarmawit Netti adalah  putra NTT kelahiran SoE, Timor Barat/Timor Tengah Selatan.

Lima orang Authors putra NTT ini telah berada dalam ruangan Rumah Karya Agung (BookerWorm.com: The Home Of Great Writing). Nama dan karya tulis kelima putra NTT ini pun terdaftar/terdapat di perpustakaan-perpustakaan kelompok Virtual International Authority File (VIAF Cluster). Di Rumah Karya Agung, BookerWorm.com: The Home Of Great Writing itu, profil lima orang  Authors putra NTT ini tidak terpisahkan dari profil para Authors kaliber dunia yang berasal dari berbagai bangsa/negara, yang terpajang untuk dikenal setiap warga dunia yang merambah dunia maya, dan mampir di BookerWorm.com., khususnya di Author Profile BookerWorm.com.

Pada setiap halaman profil para Authors  yang terpajang di BookerWorm.com: The Home Of Great Writing itu pun dimasukkan juga lima belas profil Authors dunia: Dino Vlahos, Abdessaid Cherkaoui, Diane Dunwell Hoffman, Harbans Lal Badhan, Ariana R. Cherry, George R.R. Martin, J.J Keeler, Charles Dickens, Stephen King, Margaret Adwood, Regina Derieva, Armando Salvatore, F. Calvin Parker, Sandra L. Jones Ireland, Tom Forester. Bahkan jika dirunut lebih jauh, profil lima belas Authors dunia itu pun dimasukkan pada halaman-halaman profil setiap Authors dunia sebagaimana terlihat pada halaman profil Authors Kahlil Gibran, John Milton, Ernest Hemingway, William Shakespeare dan lain-lain. Semuanya memberi petunjuk bahwa mereka adalah  Authors dunia yang terseleksi untuk menghuni Rumah Karya Agung (BookerWorm.com: The Home of Great Writing). Mereka dikategorikan sebagai  Authors yang “match” (seimbang, sepadan, setanding).

Dan dari tiga puluh dua Authors Indonesia yang tercatat di BookerWorm.com, yang paling unik ialah Authors A. G. Hadzarmawit Netti. Apabila di lacak di BookerWorm.com, namanya ada di sana pada halaman pertama. Apabila dilacak di Author Profile BookerWorm.com, namanya ada di sana pada halaman pertama,  dan apabila dilacak di Charles Dickens BookerWorm.com dan/atau di Author Profile Charles Dickens BookerWorm.com, namanya juga acap kali muncul di sana pada halaman pertama.

Sementara itu nama Authors Binhad Nurrohmat dan Mangasa Augustinus Sipahutar, pada momen tertentu terdapat atau muncul di fail Charles Dickens BookerWorm.com. Dan nama-nama Authors yang lainnya, misalnya, Pramoedya Ananta Toer, M. Shoim Anwar, Harun Nasution, Sunardian Wirodono, Yohanes Manhitu, Willy A. Hangguman, Yoseph Yapy Taum, Faruk H.T., Stephanus Djawanai, Mudji Sutrisno, Mangasa Augustinus Sipahutar, Damardjati Supadjar, Binhad Nurrohmat, Alfian Malik dan lain-lain, dengan sendirinya ditemukan dalam Author Profile BookerWorm.com.

Catatan akhir
Hasil pelacakan ini diharapkan dapat  menggugah dan merangsang sastrawan-sastrawan yang masih berusia muda di daerah NTT, maupun siapa saja yang berminat/bercita-cita  menjadi pengarang, agar terus menempa diri di dunia kepengarangan, sehingga kelak dapat muncul sebagai Authors dunia yang tercatat dalam BookerWorm.com atau penulis/pengarang (Writers/Authors) level internasional (antarbangsa) yang terdaftar dalam Virtual International Authority File (VIAF). Siapakah sebagai penulis dan/atau pengarang yang tidak merasa bangga jika nama dan karya tulisnya terdaftar di Virtual International Authority File (VIAF)? Dan lebih dari itu, siapa yang tidak bangga jika namanya tercatat sebagai Author  di BookerWorm.com: The Home Of Great Writing yang dihuni oleh Authors kaliber dunia seperti Charles Dickens, John Miton, Ernest Hemingway, Khalil Gibran, Stephen King, Karl Barth, William Shakespeare dan lain-lain?

Dan, oh, ya…, pada tanggal 16 Mei 2015 malam, jam 21.40 Waktu Indonesia bagian Tengah, saya temukan lagi profil sembilan orang Authors Indonesia di BookerWorm.com yaitu: Budi Rahayu Tamsyah; Roosmalawati Rusman; Arifinsyah; Abu Kosim Sindopati; Kunthi Dyah Wardani; Maria Andrey Lukito; Haryati Abu Nasir; Putu Rumawan Salain; Galigo, Syamsul Bahri Andi. Dan satu Authors Organisasi, yaitu “Pemuda Pancasila (Organization) Dewan Pimpinan Wilayah DKI Jaya”. Sembilan orang Authors dan satu Author Organisasi Pemuda Pancasila DPW DKI Jaya ini saya temukan profil mereka di Author Profile BookerWorm.com ketika saya menyelisik 249 nama pengarang Indonesia. Dengan demikian, dari 1.381 orang pengarang yang telah saya selisik, terdapat 41 orang pengarang dan satu dewan pimpinan organisasi yang profilnya terdapat di BookerWoorm.com sebagai Authors.***

Tidak ada komentar:

Posting Komentar