Deskripsi

“Lengkung SPEKTRUM FAJAR SENJA aneka warna KASIH SETIA ALLAH yang mengayomi JEJAK LANGKAH KEHIDUPAN bertanda nama 'BELUM'!"

Jumat, 23 Agustus 2013

SAJAK-SAJAK PUKUAFU


Di pusaran Pukuafu

Di pusaran Pukuafu
seorang ibu muda duduk di buritan perahu.
Di pangkunya terlelap buah hatinya
yang berumur  sembilan bulan.
pelan-pelan dibukanya ransel
lalu dikuluarkannya sekuntum bunga kemboja
yang disiapkan sebelum berlayar.
Sang ibu muda melepaskan bunga itu ke pusaran Pukuafu.
sambil menatap tanpa memejam-mejamkan mata
ke arah bunga yang semakin menjauh.
Aura wajah sang ibu muda berwarna abu-abu
terlihat  bibir mulutnya komat-kamit
 mengucapkan kalimat:
 papa sayang, akan kukenang kau selamanya.
Sementara di haluan
seorang bocah usia enam tahun
menitikkan airmata sambil mengeluh:
papa, mama telah biarkan aku telantar. 

a. g. hadzarmawit netti 
kupang, 2092012



Hening dan gelora di Pukuafu

Ketika hening di Pukuafu
Wajah bening. Tuhan hilang di relung hati

Ketika gelora di Pukuafu
Cemas dan galau. Tuhan komat-kamit di bibir

Hening di Pukuafu
Tuhan tiada
Gelora di Pukuafu
Tuhan ada

 a. g. hadzarmawit netti
kupang, 1472012



Antara Kupang dan Rote

antara Kupang dan Rote ada Pukuafu
aku berenang menantang arus
menerjang ombak menepis gelombang
aku menyelam mencari mutiara
terpendam

antara Kupang dan Rote ada Pukuafu
aku menguyup karena air
menggigil karena dingin
tersengat panas mentari di ubun-ubun
aku bertahan walau dahaga

antara Kupang dan Rote ada Pukuafu
aku bermadah dalam juang
berdoa dalam laga
berkata dalam Kata
berjaya

antara Kupang dan Rote  ada Pukuafu
aku ada karena Ada
hadirkan harapan dan kemenangan
abadi

a.g.  hadzarmawit netti
kupang, 9102012



Pukuafu, Tanjung Usu, Lakamola,
dan Batu Termanu *

Kudayung sampan membelah Pukuafu
Sangkutkan jangkar di Tanjung Usu
Menggapai hati di Lakamola
Membangun altar di Batu Termanu

Kutabur rampai di pusaran Pukuafu
Dan angkat doa di Tanjung Usu
Ikrarkan nazar di Lakamola
Sembah sujud di Batu Termanu

Ingat!
AKU penjaga Pukuafu
Penunggu Tanjung Usu
Raja Lakamola
Imam Batu Termanu

Bersama AKU Pukuafu, Tanjung Usu,
Lakamola, dan Batu Termanu
Kaya arti hidup
Abadi 

 a.g. hadzarmawit netti
kupang, 2372012

*Pukuafu: selat antara pulau Timor dan Rote
  Tanjung Usu: Tanjung karang di ujung Rote Timur, yang perairannya garang pada musim angin timur
  Lakamola: gunung di Rote Timur, simbol kebanggaan subetnis Rote Bilba
  Batu Termanu: bukit batu yang kokoh-teguh, terletak di bibir pantai Termau, simbol kebanggaan subetnis Rote Termanu




Tidak ada komentar:

Posting Komentar